menu

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apakah saya dapat menggunakan aplikasi eKado meski nomor yang dipakai untuk sign in berada di hp yang berbeda?

Untuk penggunaan aplikasi eKado bisa dilakukan, namun untuk penukaran voucher harus menggunakan nomor ponsel yang terdaftar saat kamu mendaftar di eKado.
Pastikan simcard nomor yang dipakai untuk sign in aplikasi eKado tertempel di hp tersebut.

Bagaimana cara untuk melakukan penukaran voucher di aplikasi?

Berikut cara penukaran voucher di aplikasi:
1. Klik icon MY VOUCHER di bagian kanan atas
2. Pilih voucher kemudian tekan tombol tukar
3. Detail produk akan tampil, klik TUKAR SEKARANG
4. Kasir akan memasukkan Shop ID
5. Ketik “ 1 “ untuk melanjutkan
6. Hasil validasi voucher akan diterima di aplikasi dan SMS

OS apa yang dibutuhkan untuk install aplikasi eKado?

OS yang saat ini dibutuhkan untuk aplikasi eKado minimal OS Jelly Bean ver. 4.2. dan maksimal OS Lollipop ver. 5.0.

Apakah saya dapat menggunakan aplikasi eKado untuk membeli atau menukar kado?

Ya. Kamu bisa membeli produk di eKado untuk di kirim ke nomor kamu sendiri atau nomor teman atau pasangan kamu dengan cara klik pilihan "Send To Friend" pada saat melakukan pembelian. Pastikan teman atau pasangan kamu menggunakan nomor Telkomsel. 
Selain itu kamu juga dapat menukar kado yang kamu beli ataupun yang diberikan oleh orang lain. Caranya dengan buka “My Voucher” di aplikasi eKado, pilih kado yang ingin kamu tukar, lalu tunjukkan ke kasir outlet untuk proses penukarannya.

Bagaimana caranya mendaftar di layanan eKado?

Cara mendaftar di layanan eKado cukup mudah, silahkan lakukan langkah-langkah berikut:
1. Buka http://www.ekado.co.id dari ponsel atau komputer kamu
2. Klik DAFTAR dan masukkan nomor ponsel kamu dan juga buat password kamu
3. Pastikan nomor ponsel yang digunakan adalah nomor Telkomsel
4. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel kamu. Masukkan kode verifikasi ini ke laman pendaftaran
 

Bagaimana jika saya kesulitan untuk login ke layanan eKado?

Bila kamu kesulitan masuk ke layanan eKado, pastikan beberapa hal berikut:
1. Pastikan kamu telah terdaftar di layanan eKado;
2. Pastikan nomor HP yang kamu masukkan benar;
3. Pastikan password yang kamu masukkan benar.

Bagaimana jika saya lupa password saya?

Jika kamu lupa password, silahkan ikuti langkah berikut:
1. Klik tombol "Lupa Password" yang ada di laman Masuk
2. Masukkan nomor ponsel Telkomsel yang kamu gunakan untuk mendaftar di eKado
3. Klik tombol "Kirim Kode Verifikasi"
4. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel kamu
5. Setelah kamu memasukkan kode verifikasi, kamu akan menerima password baru eKado kamu yang dikirim melalui SMS ke ponsel kamu
6. Untuk mengganti password, silahkan masuk ke Akun Saya > Profil Saya dan buat password baru kamu

Bagaimana caranya saya membeli produk di layanan eKado?

1. Pastikan kamu sudah terdaftar dan login di layanan eKado. 
2. Pilih produk yang ingin kamu beli dan klik tombol “Beli” kemudian lakukan pembayaran, bila berhasil nomor yang kamu isikan sebagai penerima produk eKado akan menerima SMS berisikan kode untuk penukaran produk di merchant.

Harap untuk selalu cek kebenaran dan pastikan nomor HP yang diisikan aktif saat melakukan proses pembelian.

Bagaimana cara saya menerima kode penukaran produk yang saya beli?

Via SMS
Setelah proses pembayaran diterima dan transaksi berhasil, kode voucher akan dikirim langsung ke nomor ponsel penerima produk eKado melalui SMS. Apabila dalam waktu 1 jam kamu belum menerima SMS, buka website www.ekado.co.id dan cek menu OUTBOX di Akun Saya. Pilih menu RESEND untuk mengirim ulang voucher.

Via UMB Menu
Selain SMS, kamu juga dapat mengecek dompet vouchermu dengan menghubungi *654# dari HP. Pilih menu LIST VOUCHER untuk cek daftar voucher yang kamu miliki.

Bila ada keluhan mengenai proses pengiriman kode voucher, silahkan hubungi Layanan Pelanggan eKado di:
Telpon: (021) 5761011 (Senin-Jumat / 09.00 - 18.00)
Whatsapp: 0813 17114253 (Setiap Hari / 09.00 - 22.00)

Apakah saya dapat membeli produk di eKado dan mengirimkannya ke orang lain?

Ya. Kamu bisa membeli produk di eKado untuk di kirim ke nomor kamu sendiri atau nomor teman atau pasangan kamu dengan cara klik pilihan "Send To Friend" pada saat melakukan pembelian. Pastikan teman atau pasangan kamu menggunakan nomor Telkomsel.

Metode pembayaran apakah yang diterima di eKado?

eKado menyediakan beragam pilihan metode pembayaran untuk memudahkan transaksi kamu, yaitu melalui:
1. Tcash
2. Kartu Kredit (Hanya berlaku untuk kartu kredit visa/master terbitan Bank di Indonesia)
3. BCA KlikPay
4. Mandiri ClickPay
5. Bank Transfer (Khusus transfer antar bank yang terhubung dalam jaringan ATM bersama. Pembayaran harus dilakukan 3 jam setelah pemesanan. Dapat dikenakan biaya transfer sesuai dengan ketetapan Bank)

Kami sarankan untuk tidak melakukan transfer bank melalui internet banking, mobile banking, atau dari bank selain yang tercantum dalam jaringan ATM Bersama karena adanya kemungkinan keterlambatan konfirmasi pembayaran.

Apa saja kartu kredit yang diterima untuk pembayaran?

Kartu kredit yang diterima adalah kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard terbitan bank di Indonesia. Saat melakukan pembayaran memakai kartu kredit, kamu akan diarahkan ke laman payment gateway kartu kredit, silahkan isi data kartu kredit kamu dan ikuti langkah-langkahnya.
 
Beberapa kartu kredit akan meminta kamu untuk mengisikan kode validasi 3D Secure yang dikirimkan ke nomor ponsel untuk melindungi transaksi online kartu kredit.
Untuk informasi mengenai 3D Secure, silahkan hubungi bank penerbit kartu kreditmu.

Bagaimana cara melakukan pembayaran dengan transfer via ATM?

Saat memilih metode pembayaran Bank Transfer, kamu akan menerima 16 digit nomor rekening virtual Bank Permata. Pembayaran harus dilakukan paling lama 3 jam setelah menerima nomor rekening tersebut.
Kami sarankan Anda untuk melakukan transfer dari bank yang terdaftar dalam jaringan ATM Bersama untuk menghindari keterlambatan dalam konfirmasi pembayaran.
 
Lakukan transfer melalui ATM:
 
ATM Mandiri/ Berlogo ATM Bersama
1. Pada Menu utama, pilih Transaksi Lainnya.
2. Pilih Transfer.
3. Pilih Antar Bank Online.
4. Masukkan nomor kode 013 dan 16 digit virtual account (contoh 013 1234567890123456).
5. Masukkan jumlah tagihan yang akan Anda bayar secara lengkap. Pembayaran dengan jumlah yang tidak sesuai akan otomatis ditolak.
6. Pada halaman konfirmasi transfer akan muncul jumlah yang dibayarkan & nomor rekening tujuan. Jika informasinya telah sesuai tekan Benar.
 
ATM BCA/ Berlogo ATM PRIMA
1. Pada Menu utama, Pilih Transaksi Lainnya.
2. Pilih Transfer.
3. Pilih Ke Rek Bank Lain.
4. Masukkan kode 013 untuk Bank Permata lalu tekan Benar.
5. Masukkan jumlah tagihan yang akan Anda bayar secara lengkap. Pembayaran dengan jumlah yang tidak sesuai akan otomatis ditolak.
6. Masukkan 16 digit no. virtual account pembayaran (contoh 1234567890123456) lalu tekan Benar.
7. Pada halaman konfirmasi transfer akan muncul jumlah yang dibayarkan & nomor rekening tujuan. Jika informasinya telah sesuai tekan Benar.
 
ATM Bank Permata/ Berlogo ATM Alto
1. Pada Menu Utama, pilih Transaksi Lainnya.
2. Pilih Transaksi Pembayaran.
3. Pilih Lain-lain.
4. Pilih Pembayaran Virtual Account.
5. Masukkan 16 digit no. Virtual Account (contoh 1234567890123456)
6. Di halaman konfirmasi akan muncul no. virtual account dan jumlah tagihan, lalu tekan Benar.
7. Pilih rekening pembayaran Anda dan tekan Benar.

Bagaimana cara penukaran untuk mendapatkan produk?

Segera setelah menerima kode voucher yang dikirim ke sms di ponsel, kamu bisa langsung mendatangi outlet/store merchant untuk melakukan penukaran produk.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:
1. Baca dengan jelas keterangan produk dan masa berlaku voucher yang ada di SMS. Untuk lokasi penukaran, kamu bisa klik langsung link yang ada di SMS kamu tersebut
2. Segera tunjukkan SMS voucher eKado ke kasir di outlet/store merchant
3. Kasir akan melakukan proses validasi kode voucher langsung di ponsel kamu. Tidak ada biaya yang dikenakan dalam proses validasi kode voucher ini.

 

Kapan saya dapat melakukan penukaran kode voucher dengan produk?

Kamu dapat melakukan penukaran sesegera mungkin sejak menerima voucher melalui SMS atau saat voucher tersedia di UMB menu.
Untuk pengecekan ketersediaan voucher, hubungi *654# dari HP dan pilih menu LIST VOUCHER.

Hal yang harus diperhatikan mengenai penukaran kode voucher:
1. Periksa tanggal kadaluarsa voucher yang tertera di dalam SMS, pastikan kamu tidak melewati masa kadaluarsa
2. Setiap produk mungkin memiliki ketentuan khusus mengenai waktu penukarannya dan juga produk apa saja yang bisa ditukarkan. Silahkan baca dengan detail informasi mengenai produk ini di http://www.ekado.co.id

Berapa lamakah masa berlakunya voucher yang saya terima untuk penukaran produk?

Masa berlaku voucher tergantung pada produk yang kamu beli.
Untuk produk yang tertera di BEST GIFT, voucher berlaku selama 2 (dua) minggu sejak tanggal pembelian.
Sedangkan untuk produk lainnya  berlaku selama 1 (satu) bulan sejak tanggal pembelian.

Apakah saya dapat mengajukan pengembalian dana (refund) atas produk eKado telah dibeli?

Pengembalian dana atau refund dapat dilakukan apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
Bentuk refund tersebut antara lain cashback, maupun normalisasi balance pada billing kartu kredit; tergantung pada kondisi yang menyebabkan refund.

Kondisi apa saja yang menyebabkan refund bisa dilakukan?

Refund dapat dilakukan apabila terjadi hal-hal berikut:
1. Adanya kendala internal dari pihak merchant sehingga menyebabkan pelanggan tidak dapat melakukan penukaran voucher di seluruh outlet merchant.
2. Pembayaran berhasil namun voucher tidak juga di terima setelah lebih dari 24 Jam
3. Pembayaran melalui transfer bank diterima setelah masa promo yang tertera di laman produk berakhir, sehingga promo dinyatakan tidak berlaku.

Kondisi apa saja yang menyebabkan refund tidak bisa dilakukan?

Berikut adalah hal-hal yang membuat Refund tidak bisa dilakukan:

1. Voucher tidak digunakan oleh pengguna sampai melewati batas masa berlaku penukaran voucher yang telah ditetapkan oleh eKado.
2. Pengguna tidak dapat menunjukkan bukti pembayaran yang valid.
3. Kesalahan pengguna dalam memilih jumlah atau kuantitas produk, dalam hal ini adalah pengguna memilih jumlah produk lebih banyak dibanding yang ingin dibeli.
4. Kesalahan pengguna dalam memilih produk, dalam hal ini adalah pengguna memilih produk yang dianggap tidak sesuai dengan detail, lokasi penukaran, dan informasi produk yang ditampilkan.
5. Kesalahan pengguna dalam input nomor telepon penerima yang menyebabkan SMS voucher tidak sampai ke penerima yang sesungguhnya dituju.
6. Pengguna mengirim voucher ke nomor telepon yang tidak aktif atau berada di luar area jangkauan sinyal Telkomsel sehingga menyebabkan SMS voucher tidak sampai ke penerima.
7. Pengguna mengganti data nomor telepon tanpa menginformasikan perubahan tersebut ke eKado, sehingga SMS voucher dikirimkan ke nomor telepon yang tercatat oleh sistem saat pengguna memilih send to me.

Bagaimana cara melakukan refund?

Apabila kamu mengalami kondisi yang sesuai dengan syarat yang diperbolehkan untuk melakukan refund, maka inilah yang harus kamu lakukan:

1. Hubungi Layanan Pelanggan eKado melalui telepon di (021) 576 1011 atau email ke support@ekado.co.id.
2. Jelaskan dengan detail kronologis kejadian yang dialami kepada petugas Layanan Pelanggan kami.
3. Bila diperlukan, kamu juga harus menyiapkan bukti pembayaran (slip transfer ATM, rekening koran) sebagai bahan bukti bagi kami untuk memproses refund.
4. Kami akan memproses permintaan refund. Bila permintaan disetujui, kami akan melakukan pengembalian dana sesuai dengan penyebab terjadinya proses refund.
5. Untuk kasus tertentu dimana akan dilakukan cashback, petugas kami akan meminta data rekening bank milik kamu untuk dilakukan transfer dana
6. Untuk cashback ke pengguna kartu kredit, dana akan dikembalikan ke balance kartu kredit dan informasi refund akan terbaca di billing statement kartu kredit milik kamu di bulan berikutnya.
7. Kamu akan menerima pengembalian dana dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kebijakan masing-masing Bank.